Kamis, 04 April 2024

Ikan Kukus Thai: Hidangan Ikan Segar dengan Bumbu Thailand


Ikan kukus adalah hidangan yang populer di Thailand karena kesederhanaannya dalam penyajiannya yang mempertahankan kelezatan dan kelembutan ikan. Dengan tambahan bumbu khas Thailand, hidangan ini menjadi makin menggoda.

Bahan-Bahan Utama

  1. Ikan segar (misalnya, ikan nila, ikan kakap, atau ikan laut lainnya)
  2. Bawang putih, cincang halus
  3. Jahe, cincang halus
  4. Cabai merah, iris tipis
  5. Saus ikan (nam pla)
  6. Air jeruk nipis
  7. Gula merah
  8. Daun ketumbar, cincang halus
  9. Daun bawang, iris tipis
  10. Kecap asin
  11. Minyak wijen
  12. Air
  13. Daun pisang (opsional, untuk alas)

Cara Memasak

  1. Bersihkan ikan dan buang isi perutnya. Iris beberapa bagian di bagian tubuhnya.
  2. Campurkan bawang putih, jahe, cabai merah, saus ikan, air jeruk nipis, gula merah, daun ketumbar, daun bawang, kecap asin, dan minyak wijen dalam mangkuk untuk membuat bumbu.
  3. Letakkan ikan di atas daun pisang dalam alat kukus.
  4. Oleskan bumbu secara merata ke seluruh bagian ikan.
  5. Kukus ikan selama sekitar 15-20 menit atau sampai matang.

Penyajian

Ikan kukus disajikan panas dengan bumbu yang meresap ke dalam daging ikan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan saus tambahan seperti saus cabai atau saus tomat.

Variasi

Beberapa variasi ikan kukus Thai termasuk penambahan bumbu yang berbeda seperti serai, daun jeruk, atau kemangi. Beberapa juga menambahkan kecap manis atau kecap asin untuk rasa yang lebih kaya.

Kesimpulan

Ikan kukus Thai adalah hidangan yang sederhana namun lezat dengan bumbu khas Thailand yang memberikan cita rasa yang unik. Cocok dinikmati sebagai hidangan utama yang sehat dan lezat. Jika Anda mencari hidangan ikan yang mudah untuk disiapkan namun memikat lidah, ikan kukus Thailand adalah pilihan yang sempurna.






















Deskripsi : Ikan kukus adalah hidangan yang populer di Thailand karena kesederhanaannya dalam penyajiannya yang mempertahankan kelezatan dan kelembutan ikan. Keyword : ikan kukus, kuliner thai dan masakan thai

0 Comentarios:

Posting Komentar